Istilah katekisasi berasal dari kata "katekhein" dalam bahasa Latin yang semula memberitakan sesuatu dengan kewibawaan. Selanjutnya istilah itu berarti belajar.

Apa itu katekisasi

katekiasi ialah pengajaran agama kristen yang di selanggarakan oleh gererja untuk menolong warga dan calon warganya guna mencapai kedewasaan kristen sebagai anggota gereja dan masyarakat yang bertanggung jawab dengan mengikuti teladan kristus.Beberapa istilah : pengajar katekisasi di sebut katekis atau katekhet,muridnya di sebut kateksian atau katekumen. Sedangkan proses belajar-mengahar di sebut kateketis.

Setelah dibaptis pada waktu bayi,seorang anak berada di bawah bimbingan orang tua,guru guru sekolah minggu  dan hamba hamba Tuhan yang ada dalam jemaat.Seiring berjalan waktu dan berdasarkan kritieria yang di tetapkan gereja gereja , si anak dapat di angkat sidi.Kata Sidi merupakan singkatan dari kata CD kepanjangannya yaitu " Credo in Deum " yang artinya "aku percaya  kepada ALLAH".

Adapun katekisasi dilakukan oleh gerja di karenakan perintah Allah kepada semua orang tua ,yaitu" " Apa yang ku perintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau merngajarkannya berulang-ulang kepada anak anakm dan mebicarakannya apabila engkaui duduk di rumahmu,apabila engkau sedang dalam perjalanan,apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangum.Haruslah juga engkau mengikatkanya sebagai tanda pada tangamu dan haruslah itu menjadi lambang di dahi mu dan haruslah  engkau menuliskan pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbang mu"  (UL. 16:6-9).Demikian juga perintah Allah kepada gereja sebagai "ibu"sebagaimana tertulis dalam Matius 29:19-20 yang berbunyi "Karena itu pergilah,jadikalah semua bangsa bangsa murid-ku dam baptislah merka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus ,dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang ku perintahkan kepadamu".

Tujuan katekisasi

Tujuan katekisasi adalah pendewasaan diri di dalam kristus sebagai warga gereja(Tubuh Kristus). Bertumbuh menjadi dewasa di dalam iman kepada Kristus merupakan proses seumur hidup.Katekisasi yang sifatnya terbatasa itu di maksudkan untuk membangun dasar-dasar pertumbuhan guna mencapai kedewasaan itu . Kita harus menghindari pendapat yang salah bahwa kate-kisasi ini sekedar untuk memenuhi persyaratan sidi